twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me

Sabtu, 03 Desember 2011

Komedo Musuhku

Nama : Rika Andriyanie
NPM : 49210323
Kelas : 2 DA 03
UNIVERSITAS GUNADARMA

Wajah komedoan ?? Gak banget ...
Mungkin hal ini yang terucap olehmu saat kamu bercermin dan melihat komedo-komedo yang tumbuh di sekitar hidungmu. Terlihat kusam ?? sudah pasti. Karena keberadaan komedo sangat mengganggu kepercayaan diri kita. Berbagai cara sudah kita tempuh untuk menghilangkan komedo tersebut. Dari mulai mencuci muka dengan pembersih muka anti komedo, mencabut-cabuti komedo menggunakan pinset, bahkan ke salon untuk melakukan facial.

Apa kamu tahu, cara lain untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah kita ?? pasti kamu menginginkan cara alami untuk menghilangkan komedonya kan ?? Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bahan-bahan alami disekitarmu kok. Selain dapat mencegah dan menghilangkan komedo, bahan-bahan alami tidak meninggalkan efek samping.

Komedo muncul karena kulit tersumbat oleh kotoran dan minyak. Selain itu, sel kulit mati dan bakteri yang menempel pada kulit juga turut merangsang tumbuhnya komedo dan jerawat.

Komedo memang bikin bete! Tapi nggak perlu sedih, atasi dengan 6 langkah berikut!
1. Pakai kosmetik yang bebas minyak dan berbahan dasar air sehingga kulit wajah tidak mudah tersumbat oleh kotoran dan minyak yang menempel di wajah.
2. Bersihkan wajah dua kali sehari. Tapi jangan mencuci muka terlalu sering, karena kelembaban alami kulit bisa hilang.
3. Berhenti memencet hidung! Cara ini justru akan membuat kulit meradang dan akhirnya infeksi.
4. Gunakan masker antikomedo untuk mengangkat komedo yang menempel. Kita bisa membuatnya sendiri menggunakan campuran putih telur dan madu, dengan takaran yang sama. Lalu tempelkan campuran tadi dengan menggunakan kapas pada daerah T, terutama hidung. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.
5. Pakai sabun muka yang mengandung butiran scrub. Sebelumnya, uapi terlebih dahulu wajah selama beberapa menit dengan menggunakan baskom berisi air panas. (cara ini efektif lebih efektif, karena pori-pori akan melebar dan membuat komedo lebih mudah lepas saat dibersihkan dengan menggunakan sabun). Setelah membersihkan wajah, gunakan toner yang berguna untuk menutup kembali pori-pori.
6. Lakukan facial setiap sebulan sekali untuk membantu membersihkan komedo yang mengganggu.

Usir komedo dengan 8 langkah alami:
1. Cuci muka dengan campuran air garam (tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat). Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih dan menghilangkan komedo.
2. Ambil sedikit pasta gigi, usapkan pada bagian yang berkomedo. Cara ini membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih.
3. Peras jeruk atau lemon, usapkan air perasaan pada daerah komedo, biarkan hingga semalam. Asam dari lemon membantu mengurangi minyak di kulit.
4. Campurkan kulit dasar jeruk dengan air secukupnya, aplikasikan pada daerah yang terinfeksi dan biarkan selama semalam.
5. Oleskan lidah buaya pada bagian wajah yang berkomedo (bisa dengan cara membuat jus atau mengoleskannya langsung). Lidah buaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami peradangan akibat komedo menjadi lebih cepat.
6. Gosok daerah berkomedo dengan es batu selama 10 menit, untuk membantu mengencangkan dan menutup pori-pori serta mencegah debu dan minyak menempel di kulit yang menjadi penyebab terjadinya komedo.
7. Campurkan satu putih telur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk hingga rata. Usapkan campuran pada wajah dan biarkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan dan mencegah komedo.
8. Campurkan lobak dengan air. Usapkan campuran pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Tidak ada komentar: