twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me

Selasa, 10 Mei 2011

Manusia sebagai Makhluk Sosial

Pendahuluan

Manusia terdiri dari unsur jasmani dan rohani yang tidak dapat dipisahkan. Jasmani dan rohani itulah yang membentuk individu. Manusia juga diberi potensi atau kemampuan, yaitu akal, pikiran, perasaan dan keyakinan sehingga sanggup berdiri sendiri dan bertanggung jawab.
• Manusia sebagai makhluk individu
Naluri manusia sebagai makhluk individu diantaranya, mempertahankan hidupnya seperti sandang, pangan, dan papan, mempertahankan penghidupan keterunan, antara lain manusia membutuhkan rasa aman dan perumahan untuk tempat mereka berlindung, manusia juga merasa ingin tahu dan mencari kepuasan.
• Manusia sebagai makhluk sosial
Manusia pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan sesame manusia lain. menurut Aristoteles bahwa manusia adalah zoon politicon atau makhluk yang selalu hidup berkelompok dan bermasyarakat. Ciri utama makhluk social adalah hidup berbudaya, yakni hidup menggunakan akal budi dalam system nilai yang berlaku dalam jangka waktu tertentu. Sebagai makhluk social, manusia tidak mungkin hidup menyendiri. Untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya seperti kasih sayang, gotong royong, ingin dihormati, manusia memerlukan manusia lain.
• Manusia sebagai insan politik

Naluri setiap manusia adalah hidup berkawan dan hidup bersama dengan orang lain. Dalam kehidupan bersama itu, mereka bekerja sama dalam rangka memenuhi segala aktivitas dan kebutuhan. Selain mengembangkan kerja sama, juga manusia ingin bersaing dengan manusia lainnya.

Kedudukan manusia sebagai insane politik adalah makhluk yang terlibat kegiatan politik, antara lain :

a. Turut aktif dalam kegiatan mekanisme kekuasaan Negara dan jalannya pemerintahan, melalui struktur yakni: partai politik, kelompok kepentingan, kelompok penekan, media komunikasi politik, dapat pula melalui supra struktur yakni : lembaga-lembaga Negara seperti legislative, eksekutif dan yudikatif

b. Berperan pasif dalam kegiatan Negara, yaitu hanya mengakui, menerima dan tunduk mengikuti serta menaati segala kebijakan dan program dari system politik yang ada

Penutup


Kerja sama merupakan salah satu bentuk interaksi yang dibangun oleh manusia yang satu dengan yang lain. Bentuk interaksi antar manusia antara lain adalah politik. Di dalam politik, manusia akan memperjuangkan apa yang menjadi kepentingannya melalui berbagai cara. Dalam masyarakat beradab dalam interaksi itu manusia bertindak berdasarkan aturan yang disepakati secara demokratis.

1 komentar:

hilda permatasari mengatakan...

Terimakasih artikelnya . . .

ST3Telkom