twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me

Senin, 28 November 2011

Model Remaja 2006

Nama : Rika Andriyanie
NPM : 49210323
Kelas : 2 DA 03
UNIVERSITAS GUNADARMA



2006, Senayan Tread Center, Jakarta. Saya, Rika Andriyanie telah mengikuti lomba modelling di suatu management yaitu BE ONE PLUS MANAGEMENT. Saat itu, saya mendapatkan banyak pengalaman dan teman. Diantaranya, saya diajarkan untuk bisa mempromosikan salah satu product iklannya agar diminati oleh para konsumen di Indonesia dan saya juga dilatih untuk pandai berbicara karena saya ditest untuk mengiklankan Marina Hand and Body Lotion.

Disana saya bersaing dengan 10.000 peserta dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Yang paling membuat saya gugup adalah saat saya diinterview oleh para juri. Saya ingat, saya diberikan beberapa pertanyaan umum mencakup dunia modelling yaitu :
1) Perkenalkan diri Anda ?
2) Menurut Anda, arti dari entertaiment itu apa sih ?
3) Tolong sebutkan perancang ternama di Indonesia ?
4) Siapa saja artis Indonesia yang memulai kariernya dari model ?
5) Apa yang akan Anda lakukan jika Anda menjadi model terkenal ?

Setelah diinterview, saya catwalk menggunakan costume yang sudah disediakan oleh pihak agency. Lalu saya melakukan beberapa pemotretan. Bersyukur saya dapat mengalahkan beberapa pesaing model lainnya dan saya berhasil menjadi semi finalis Wajah Model Remaja 2006. Berikut saya akan memberikan TIPS saat casting :

a) Fit & Proper Test
Semua orang bisa ikut casting dan tidak ada batasan usia. Yang perlu kamu siapkan adalah portofolio berisi biodata kamu dilengkapi dengan foto kamu yang menarik. Untuk sementara, tinggalin dulu gaya narsis kamu seperti menggembungkan pipi atau bibir yang agak dimonyongkan. Standar pose seperti profil dari kiri, kanan, tampak depan dan seluruh badan sudah cukup. Buat kamu yang punya pengalaman model atau talent, jangan segan-segan untuk mencantumkannya karena itu adalah nilai plus yang bisa kamu tunjukkan kepada juri.


b) On Time
Biasakan untuk tidak terlambat pada saat casting, karena jika kamu terlambat, pihak management akan langsung memblokir nama kamu dari daftar peserta. Tentunya kamu tidak ingin menyianyiakan segalanya yang sudah dipersiapkan bukan?
c) Make-up Natural
Hindari dengan memakai make-up yang terlalu tebal dan mencolok karena kamera sangat sensitif dalam menyerap warna. Contohnya, jika kamu memakai lipstik merah menyala, efeknya bibir kamu akan terlihat seperti vampire yang sedang meminum darah manusia. So keep it simple and natural !
d) Patience
Jika kebetulan yang sedang mengikuti casting terlalu banyak pesertanya, bersabarlah dan positive thinking. Jangan terbawa emosi karena antrean yang begitu panjang dan memakan waktu lama. Kept your smile !
e) Dress for Success
Sesuaikan gaya pakaian kamu dengan tema casting tersebut. Misalnya, casting as newcaster berbeda dengan presenter olahraga. Tetapi jika dalam casting tersebut tidak menyebutkan temanya, cukup berpakaian rapi dan tidak vulgar. Sebaiknya, hindari baju kotak-kotak atau garis-garis kecil karena akan menyebabkan efek flicker pada kamera.
f) Action
Jika kamu lolos pada tahap portofolio, kamu akan diminta untuk test foto dan screen test. Jangan panik, pada tahap ini akan ada stylist yang akan mengarahkan gaya berfoto kamu. But watch out for the screen test. Kamu akan dibiarkan mengeluarkan ekspresi kamu dengan bebas. Tetap fokus ke kamera dan perkenalkan diri kamu, seperti name, date of birth, tinggi atau berat badan, agama, dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Kamu juga akan diminta membaca script dan berakting di depan kamera. Over acting is the big NO !
g) It’s a Wrap
Jika kamu telah menyelesaikan test yang diminta, don’t forget to say thanks dengan semua personel tim yang sudah membantu kamu hari itu. And don’t forget to pray supaya kamu lolos casting.

Important notices :
Pada saat proses casting tidak meminta biaya sama sekali. Jangan mudah percaya jika ada oknum-oknum yang meng-claim bisa membuat kamu lolos seleksi dengan membayar sejumlah uang.
Hati-hati dengan segala bentuk penipuan. PH yang berkualitas tidak akan mengadakan proses casting yang vulgar apapun alasannya. Dan jangan berkecil hati dahulu jika kamu belum menang karena persaingan dengan para peserta lain memang cukup berat. Great attitude, please. Jika belum apa-apa kamu sudah act as diva wanna-be, para tim-cast dan talent akan negative thinking terhadapmu.

1 komentar:

Hilda permatasari mengatakan...

Terimakasih artiekl nya

ST3Telkom